Perubahan dan perkembangan dunia bisnis kearah digital berlangsung begitu cepat seiring dengan kecepatan perkembangan teknologi. Para pelaku usaha pada skala besar, menengah dan kecil dituntut untuk mampu menyesuaikan aktivitas bisnis mereka kearah digital terutama aktivitas pemasaran sebagai ujung tombak perusahaan.
Dinas koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah dibawah kepemimpinan Ibu Dra. Ema Rachmawati, M.Hum melaksanakan program Bimbingan Teknis pengembangan pemasaran digital atau pemasaran online bagi Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di wilayah Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mensinergikan antara UMKM dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bisnis Daring dan Pemasaran. Kehadiran Siswa SMK sebagai peserta Praktik kerja industri/ prakerin diharapkan mampu mempercepat transformasi digital bagi para pelaku UMKM yang rata-rata kemampuan digitalnya masih sangat terbatas. Kehadiran CV. Aulia Persada sebagai pelaksana program memiliki peranan penting, mulai dari pelaksanaan program Bimbingan Teknis sampai pelaksanaan pendampingan selama 3 bulan.
Melalui program ini diharapkan dapat menaikkan kelas UMKM yang lebih melek teknologi ditandai dengan kemampuan melakukan pemasaran secara online sehingga mampu memperluas pasar lokal, regional, nasional bahkan internasional.
Dalam rangka mensukseskan program ini, SMK Negeri 9 Semarang berpartisipasi dengan mengirimkan 8 Siswa Bisnis Daring dan Pemasaran sebagai peserta Prakerin pendamping optimalisasi pemasaran digital UMKM Kota Semarang. Bagi siswa SMK 9 Semarang program ini diharapkan mampu menjadi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi digital marketing.