Jenine
Merupakan singkatan nama jahe produk dari SMK Negeri 9 Semarang
Penentuan nama Jenine ini di ambil dari hasil voting dari 8 kelompok. Setiap masing-masing kelompok memiliki nama tersendiri, dan yang paling banyak divoting adalah Jenine
Jenine sudah dilaksanakan dalam tiga tahap :
– Pada bulan Januari para siswa melakukan analisa produk, analisa pasar dan pembuatan proposal
– Pada bulan Maret mulai dilakukan proses pembuatan Jahe
Narasumber produk jahedidapat dari UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan menengah)
Beberapa tahapan setelah mendapat info:
1. Melihat proses pembuatan Jahe
2. Praktek
3. Membuat Produk
Alasan mengapa jahe dipilih sebagai produk SMK Negeri 9:
– Karena Jahe merupakan tanaman yang mudah didapatkan di Kota Semarang
– Harga Terjangkau
Bahan Baku Pokok Produk Jahe
1. Jahe Emprit
2. Jahe Gajah
3. Jahe Merah
4. Serai
5. Gula
Cara promosi Jenine melalui beberapa hal
1. Mengikuti event-event bazar
2. Lomba
3. Ditawarkan secara online
4. _Face to face/ door to the door_
5. Brosur
Target Marketing : Anak-anak muda- Orang tua
Jenine dijamin Praktis, Halal, dan tidak mengandung pengawet
Jenine akan mengikuti lomba untuk pertama kalinya yang di adakan di gedung USM
Tema : tradisional klasik
Tempat Lomba : Gedung USM
Jam : 07.00- selesai
Peserta yang mengikuti antara lain :
1. Balqis
2. Monyca
3. Sholehah
4. Deva
5. Septi
*Jenine*
– Memiliki Relasi
– Laku dipasaran
– Produksi kurang maksimal akibat dikarenakan ada siswa yang sedang magang
– Produk dibuat oleh siswa sendiri
*Pembimbing*
1. Bu Rahmi
2. Bu Dwi Harti, M. Pd