Tata Cara Pendaftaran

Calon  peserta  didik  SMK  hanya  dapat  mendaftarkan  pada  1  (satu)  satuan pendidikan dengan 2 (dua) pilihan kompetensi keahlian (kompetensi keahlian I dan kompetensi keahlian II).

Calon  peserta  didik  SMK  dapat  memindahkan  pendaftarannya  dengan  cara mencabut  berkas  pada  satuan  pendidikan  yang  dipilihnya  dan  menyerahkan pada  satuan  pendidikan  lainnya.  Apabila  akan  merubah  pilihan  kompetensi keahlian  pada  satuan  pendidikan  yang  sama  cukup  dengan  mengisi  formulir baru.

Alur Pendaftaran

1)  Alur  pendaftaran  penerimaan  peserta  didik  yang  mendaftar  tidak  datang langsung ke satuan pendidikan:

a)  Calon peserta didik membuka situs internet Penerimaan Peserta Didik Kota Semarang dan mengisi formulir pendaftaran; (http://ppd.disdik-kotasmg.org/)

b)   Calon peserta didik mencetak hasil pendaftaran yang telah dilakukan melalui internet;

c)  Calon  peserta  didik  datang  ke  satuan  pendidikan  dan  menyerahkan  tanda bukti  pendaftaran  berupa  print – out   pendaftaran  dan  syarat-syarat  yang dibutuhkan untuk dilakukan verifikasi oleh Panitia pendaftaran;

d)  Calon peserta  didik  menunggu  pengesahan  dan  penyerahan  tanda  bukti pendaftaran dari Panitia Pendaftaran;

e)  Calon  peserta  didik  SMK  menerima  tanda  bukti  pendaftaran  dari  Panitia yang  akan  digunakan  untuk  mengikuti  tes  kesehatan  serta  sebagai  bukti mengikuti tes seleksi tahap  pertama apabila lolos dari tes kesehatan. Tanda bukti  pendaftaran  juga  digunakan  untuk  seleksi  tahap  kedua  apabila  lolos seleksi tahap pertama dan bukti  pada pendaftaran ulang apabila diterima.

2)   Alur  pendaftaran  penerimaan  peserta  didik  datang  langsung  ke  satuan pendidikan :

a)  calon peserta didik datang langsung ke satuan pendidikan dengan membawa persyaratan pendaftaran yang telah ditetapkan;

b)  calon peserta didik SMK atau dibantu oleh tenaga operator  melakukan  proses  entry data formulir  pendaftaran  melalui komputer secara online  yang disediakan oleh satuan pendidikan;

c)  calon  peserta  didik  menyerahkan  tanda  bukti  pendaftaran  berupa  print – out pendaftaran  dan  syarat-syarat  yang  dibutuhkan  untuk  dilakukan  verifikasi oleh Panitia pendaftaran;

d)  calon  peserta  didik  menunggu  pengesahan  dan  penyerahan  tanda  bukti pendaftaran dari Panitia Pendaftaran;

e)  calon  peserta  didik  SMK  menerima  tanda  bukti  pendaftaran  dari  Panitia yang  akan  digunakan  untuk  mengikuti  tes  kesehatan  serta  sebagai  bukti mengikuti tes seleksi tahap  pertama apabila lolos dari tes kesehatan. Tanda bukti  pendaftaran  juga  digunakan  untuk  seleksi  tahap  kedua  apabila  lolos seleksi tahap pertama dan bukti  pada pendaftaran ulang apabila diterima.

Biaya Pendaftaran

1)   Biaya pendaftaran penerimaan peserta didik diatur sebagai berikut :

SMK   = Rp. 25.000 (dua puluh lima ribu rupiah).

2)   Biaya  tes  khusus  (minat,  bakat  dan  psikotes)  calon  peserta  didik  SMK  adalah Rp. 25.000,- (dua puluh lima ribu rupiah).

3)  Bagi  calon  peserta  didik  SMK  yang  mengganti  kompetensi  keahlian  tidak dikenakan biaya pendaftaran lagi.

4)    Calon peserta didik warga miskin tidak dipungut biaya sebagaimana dimaksud nomor 1) dan 2).

5)   Satuan pendidikan dilarang melakukan pungutan lain di luar biaya sebagaimana dimaksud pada nomor 1) dan 2).

Syarat penerimaan peserta didik SMK:

1)  lulus SMP/MTs (Madrasah Tsanawiyah) dengan menunjukkan ijazah SMP/MTs  atau  surat  keterangan    yang    berpenghargaan  sama  dengan  ijazah  SMP/ijazah Program  Paket  B/ijazah  satuan  pendidikan  luar  negeri  yang  dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP;

2)    usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran baru;

3)  berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter pemerintah yang ditunjuk oleh satuan pendidikan;

4)    mengikuti tes khusus yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan;

5)   memenuhi  persyaratan  khusus  sesuai  tuntutan  kompetensi  keahlian  yang ditentukan oleh satuan pendidikan; dan

6)    memperhatikan nilai UN calon peserta didik

Seleksi penerimaan peserta didik SMK dengan ketentuan:

1)   tidak berlaku rayonisasi.

2)   menggunakan nilai ujian nasional (UN) SMP dan nilai tes khusus (NTK);

3)  calon  peserta  didik  mendapat  tambahan  nilai  kemaslahatan  (NK)  apabila  anak guru  atau  tenaga  kependidikan  yang  mendaftar  pada  satuan  pendidikan  tempat orang tuanya sebagai guru atau tenaga kependidikan, anak guru yang mendaftar pada  satuan  pendidikan  bukan  tempat  orang  tuanya  sebagai  guru  berada  pada dalam  rayon,  serta  anak  guru  yang  mendaftar  pada  satuan  pendidikan  bukan tempat orang tuanya sebagai guru berada pada luar rayon;

4)   tambahan  nilai  lingkungan  (NL)  apabila  calon  peserta  didik  bertempat  tinggal atau berdomisili di sekitar satuan pendidikan dan atau calon peserta didik warga miskin  yang  bertempat  tinggal  atau  berdomisili  di  sekitar  satuan  pendidikan dibuktikan  dengan  KK  terhitung  minimal  6  (enam)  bulan  tinggal  di  kota Semarang sebelum waktu pendaftaran;

5)  calon peserta didik mendapat tambahan nilai prestasi (NP) apabila berprestasi di bidang:  akademik,  olah  raga,  kesenian,  dan  bidang  keterampilan  baik  individu maupun kelompok;

6)   nilai  akhir  digunakan  sebagai  dasar  peringkat  calon  peserta  didik  yang merupakan  penjumlahan  nilai  UN  ditambah  NTK  ditambah  NP  ditambah  NK ditambah NL; dan

7)    Apabila  terdapat  nilai  akhir  yang  sama  maka  penentuan  peringkat mengutamakan:

a)    usia calon peserta didik yang lebih tua;

b)    pilihan 1 (satu);

c)     nilai tes khusus; dan

d)   nilai  UN  yang  lebih  tinggi  berdasarkan  urutan  mata  pelajaran  Matematika, Bahasa Inggris, IPA, dan Bahasa Indonesia.

Nilai prestasi yang dihargai adalah : 

1.   bidang akademik: kelompok ilmiah remaja (KIR), lomba mata pelajaran, peserta didik  berprestasi, karya tulis/Inovasi, dan lain-lain yang sejenis;

2.  bidang olahraga: atletik, angkat besi, senam  ritmik dan artistik, renang, bola voli, bola basket, bulutangkis, panahan, tae kwon do, judo, tenis meja, tenis lapangan, tinju, gulat, balap  sepeda,  dayung,  karate,  kempo,  sepak  takraw,  sepakbola,  wushu,  layar,  ski  air, pencak silat, dansa, futsal dan lain-lain;

3.   bidang kesenian: seni tari, seni suara, seni lukis, musabaqoh tilawatil qur’an (MTQ), seni  pedalangan,  puisi,  macapat,  geguritan,  karawitan,  teater,  sandiwara,  marching band, dan lain-lain;

4.  bidang  keterampilan:  pramuka,  palang  merah  remaja  (PMR),  tata  upacara  bendera (TUB),  peraturan  baris  berbaris  (PBB),  pasukan  pengibar  bendera  (PASKIBRA), pidato, debat, dan lain- lain; dan

5.    bidang  organisasi:  organisasi  siswa  intra sekolah  (OSIS),  karangtaruna,  kepemudaan, dan lain-lain.

Daftar Ulang

1.    Persyaratan  daftar  ulang  bagi  peserta  didik  yang  dinyatakan  diterima  adalah  sebagai berikut:

a.    menunjukkan kartu pendaftaran asli; dan

b.   menunjukkan    Ijazah  /  Surat  Keterangan  Yang  Berpenghargaan  Sama  (SKYBS) dengan ijasah yang asli.

2.    Daftar ulang hanya berlaku untuk peserta didik baru.

3.   Peserta  didik  yang  dinyatakan  diterima  tetapi  tidak  melakukan  daftar  ulang  sesuai waktu yang ditetapkan dianggap mengundurkan diri.

Daya tampung :

NO KOMPETENSI KEJURUAN JLH KELAS JLH SISWA YG DITERIMA
1. AKUNTANSI (AK) 3 108 SISWA
2. ADMINISTRASI PERKANTORAN (AP) 3 108 SISWA
3. PEMASARAN (PM) 3 108 SISWA
4. REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL) 1 36 SISWA

RUMUS PERHITUNGAN NILAI

NA =  65% (A + 3B + 4C + 2D) +  35 %  E + NK +  NP + NL

Keterangan :

NA  = Nilai Akhir

A   = Nilai UN Bahasa Indonesia

B  = Nilai UN Bahasa Inggris

C  = Nilai UN Matematika

D  = Nilai UN IPA

E  = Nilai Tes Khusus

NK  = Nilai Kemaslahatan

NP  = Nilai Prestasi

NL  = Nilai Lingkungan

Catatan :

Jumlah nilai E pada nilai akhir SMK jumlahnya paling tinggi sebesar 100, yaitu sama dengan jumlah nilai maksimal dari (A + 3B + 4C + 2D).

TAMBAHAN PENILAIAN

Keterangan:

  1. Kejuaraan dari negara sahabat/asing nilainya sama dengan Juara I tingkat Nasional;
  2. Tambahan  nilai  prestasi  hanya  diambil  dari  salah  satu  prestasi  tertinggi  dari  nilai kejuaraan  yang  diperoleh,  bukan  jumlah  dari  seluruh  nilai  prestasi  yang dimilikinya;

c.   Prestasi  tersebut  di  atas  dapat  diakui  apabila  dicapai  peserta  didik  dalam  kurun waktu 3 (tiga)  tahun  terakhir (Juli 2009 s.d. Juni 2012);

d.   Penyelenggara  kegiatan  adalah  Instansi  atau  Organisasi  yang  berkompeten misalnya  Instansi  Pemerintah,  Organisasi  Profesi  yang  sesuai  bidang  lomba  dan organisasi di bawah pembinaan instansi terkait;

e.  Penyelenggaraan  lomba  tingkat  kecamatan  kota  Semarang  adalah  penyelenggara setingkat UPTD Pendidikan Kecamatan;

f.    Untuk  menghindari  adanya sertifikat  (piagam)  palsu,  supaya  diadakan  penelitian dan    pengesahan  secara  berjenjang  :  piagam  tingkat  Nasional  dan  Provinsi pengesahan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah u.p. Kabid  yang membidangi,  piagam  tingkat  Kota  dan  Kecamatan  oleh  Kepala  Dinas  Pendidikan Kota  Semarang  up.  Kabid  yang  membidangi  serta  khusus  untuk  SD  diadakan penelitian dan pengesahan oleh kepala UPTD Pendidikan Kecamatan;

g.    Semua jenis sertifikat (piagam) penghargaan di luar ketentuan tersebut di atas tidak diperhitungkan;

h.   Satuan  pendidikan  diberi  kewenangan  untuk  menentukan  sertifikat  sesuai  dengan ketentuan  dan  diperbolehkan  menguji  calon  peserta  didik,  sesuai  bidang  prestasi yang diperolehnya;

i.    Apabila mendapatkan prestasi dari kejuaraan yang berjenjang, wajib menunjukkan piagam prestasi dari jenjang kejuaraan tingkat dibawahnya;

j.   Apabila  mendapatkan  prestasi  dari  kejuaraan  yang  berjenjang,  namun  tidak memiliki  piagam  prestasi  dari  jenjang  kejuaraan  tingkat  di  bawahnya  wajib menunjukkan surat keterangan dari sekolah.

JADWAL KEGIATAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK
SMK NEGERI 9  SEMARANG
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
No Kegiatan TANGGAL

1

Pendaftaran tidak datang langsung ke satuan pendidikan (online) 2 – 5 Juli2012

2

Pendaftaran datang langsung ke satuan pendidikan (verifikasi) 3 – 6 Juli 2012

3

Pelaksanaan tes seleksi 7 Juli 2012

4

Analisis dan penyusunan peringkat 9 – 10 Juli 2012

5

Pengumuman penerimaan 11 Juli 2012

6

Pendaftaran ulang calon peserta didik yang diterima 12 – 13 Juli 2012

7

Hari pertama masuk satuan pendidikan (sekolah) 16 Juli 2012

DAFTAR ONLINE KLIK GAMBAR DIBAWAH INI