Pada 24 Agustus 2024, Hotel Muria di Semarang menjadi lokasi untuk Workshop Penyusunan Program Literasi dan Numerasi yang diikuti oleh guru-guru dari SMK Negeri 9 Semarang. Acara ini merupakan bagian dari upaya SMK Negeri 9 Semarang untuk memperkuat perannya sebagai Sekolah Pusat Keunggulan dalam pendidikan vokasi, dengan fokus pada peningkatan keterampilan literasi dan numerasi siswa. 

Sebagai Sekolah Pusat Keunggulan, SMK Negeri 9 Semarang berkomitmen untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Literasi dan numerasi merupakan keterampilan dasar yang sangat penting, sehingga menjadi prioritas utama dalam workshop ini. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk membantu guru-guru merancang program yang tidak hanya memenuhi standar kurikulum, tetapi juga dapat mengatasi kebutuhan spesifik siswa di SMK. 

Workshop ini dirancang untuk memberikan para peserta pemahaman mendalam tentang cara merancang program literasi dan numerasi yang efektif. Melalui berbagai aktivitas dan diskusi, para guru diajarkan untuk mengintegrasikan teori dengan praktik, serta memanfaatkan metode inovatif dan teknologi dalam pembelajaran. Penekanan diberikan pada pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang aplikatif, dengan pendekatan berbasis proyek dan studi kasus agar materi pembelajaran lebih relevan dan menarik bagi siswa. 

Para peserta juga berkesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman tentang tantangan yang mereka hadapi dalam penerapan program literasi dan numerasi. Sesi tanya jawab memberikan wawasan tambahan dan solusi praktis yang berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Evaluasi di akhir acara mengumpulkan umpan balik dari peserta mengenai efektivitas workshop. Masukan ini akan digunakan untuk perbaikan dan pengembangan workshop serupa di masa depan. 

Secara keseluruhan, workshop ini menunjukkan komitmen SMK Negeri 9 Semarang untuk terus mengembangkan kualitas pendidikan sebagai Sekolah Pusat Keunggulan. Dengan keterampilan dan pengetahuan baru yang diperoleh, diharapkan para guru dapat merancang dan melaksanakan program literasi dan numerasi yang lebih efektif, serta mempersiapkan siswa dengan keterampilan dasar yang penting untuk sukses di masa depan.

Kontributor : Natasya Koesvania Zamir